Jumat, 19 Desember 2008

KIAT MENJADI ORANG KREATIF

Orang-orang yang kreatif adalah orang yang senantiasa memiliki daya cipta terhadap segala sesuatu.Mungkin selembar kertas yang suci dari noda atau coretan bisa disulap menjadi hal yang menarik kalau terpegang oleh orang-orang kreatif.Banyak yang mengatakan bahwa kreatif merupakan “bakat”atau “bawaan” seak lahir, yang orang jawa menyebutnya “gawan bayi” bagiku anggapan tersebut tidaklah semuanya benar. Karena yang namanya kreatif bisa kita latih dan diasah. Mungkin yang merasa terlahir sebagai orang yang kurang kreatif, nggak usah pesimis,karena kreatif dapat kita asah diantaranya dengan cara:

1.Memiliki satu gagasan setiap hari.

Diakhir jam pelajaran cobalah merenung kira-kira 10 menit. Kita bisa berpikir sejenak apa yang telah kita lakukan pada hari itu. Dan kita pikirkan apa yang lebih baik untuk hari esok. Kumpulin gagasan itu diakhir minggu. Gagasan selama 6 hari siap dech untuk dievaluasi, mana sich yang paling OK buat kita???

2.Nggak perlu Gedhe.

Nggak perlu ragu dech untuk mengeluarkan gagasan meskip[un bukan suatu gagasan yang besar. Karya yang besar nggak harus dimulai dari suatu yang besar’sedikit-sedikit kan lama-lama jadi bukit’.

3.Jangan ragu untuk bertanya.

Disaat kita sudah ‘mentok’ dalam menemukan gagasan, nggak ada salahnya kalau kita bertanya pada orang yang pas buat kita.Mungkin sahabat kita, orang tua, guru, kakak kita atau terserah yang penting kita nyaman, dengarkan komentar dan pendapat mereka. Yupp…..,siapa tahu pembicaraan kita bisa munculin ide yang ‘spektakuler’.

4. Ciptakan gagasan yang berbeda.

Uiihhhh………, sesuatu yang berbeda pasti lebih menarik, jadi, jangan dech kita suka jadi seorang ‘plagiator’ gagasan orang lain. Copy ide orang lain sich sah-sah aja, tapi akan lebih baik kalau kita bisa mengembangkannya.

5. Jangan Lewatkan.

Yang namanya ide cemerlang kadang muncul dimana dan kapan saja. Jadi sedia paying sebelum hujan dengan cara selalu siap denga alat tulis-menulis saat ide cemerlang tersebut muncul secara tiba-tiba. Dan disaat yang tepat, cobalah pikir dan susun ide untuk mewujudkannya.

2 komentar:

  1. oooo...begitu

    satu lagi tanda orang kreatif

    yaitu kunjungi blogku
    dan kasih comment deh...

    sekedar baca juga boleh..hehe

    BalasHapus
  2. Salam..... ikutan pembuatan ANTOLOGI yuk.. Pengumumannya liat di blog PenAC. Sukses bwtmu deh....:thumbsup:

    BalasHapus